Event pameran booth mungkin jadi acara yang paling dinantikan banyak orang untuk melihat beragam produk atau jasa yang bakal dipamerkan. Selain produknya, estetika booth yang ditampilkan pun menjadi daya tarik tersendiri.
Anda yang ingin mengikuti acara satu ini? Mari kenali jenis-jenis dan tips dalam membuat booth pameran berikut ini!
Jenis pertama yaitu partisi atau bisa dikatakan tipe standar. Tipe ini paling sering anda temukan di berbagai pameran kecil, yang mana antara boothnya hanya terbuat dari struktur baja, panel plastik di sisi kiri-kanan-belakangnya.
Dikenal juga dengan nama booth dua sisi, dimana konsumen dapat menerima informasi dari kedua sisinya. Keuntungan dari tipe tersebut adalah desain fleksibel, mendapat eksposur lebih, dan punya cukup ruang untuk penambahan desain.
Booth yang hanya menampilkan display dari satu sisi saja ini biasa diterapkan untuk pameran skala sedang-besar dengan desain sederhana, harga terjangkau, juga desainnya dapat dikustomisasi.
Memiliki ciri khas ketiga sisinya terbuka sehingga konsumen dapat melihat lebih jelas boothnya dari berbagai sisi (kiri, kanan, dan depan). Booth ini punya keunggulan dari sisi impresi dan eksposurnya tinggi, serta bebas didesain sesuai kebutuhan.
Dapat dijumpai pada pameran besar, booth island populer dipilih oleh perusahaan maupun industri besar karena punya poin lebih dibandingkan tipe-tipe booth lainnya.
Booth kompleks nan terbuka ini membutuhkan detail yang harus diperhatikan, mulai dari tata letak sampai desain yang dapat mempengaruhi pandangan konsumen.
Termasuk kelas premium, booth dua tingkat ini biasanya memungkinkan penggunanya menampilkan display produk di area bawah dan area pelayanan konsumen di bagian atasnya. Dengan desain kompleksnya cukup membantu perusahaan menarik calon konsumen mereka.
Vendor booth pameran cocok untuk produk kecantikan yang mana punya konsep seperti runway dengan sisi kiri-kanan dan depan terbuka, serta menyisakan space luas di bagian tengah yang memudahkan pengunjung melihat produk/jasa yang ditawarkan.
Berikut beberapa tips menciptakan pameran booth yang menarik perhatian pengunjung :
Desain menarik mata adalah kunci awal untuk membuat pengunjung tertarik mampir. Ciptakan booth menawan mulai dari pemilihan warna, outline, seni grafis, hingga pencahayaan.
Pemilihan warna ada baiknya jangan sembarangan. Warna juga bisa dijadikan sebagai representasi perusahaan yang sedang menggelar booth, termasuk apa yang sedang ditawarkan.
Booth tidak melulu harus menampilkan desain yang itu-itu saja. Anda bisa berkreasi menjadikannya lebih interaktif sehingga membuat konsumen lebih nyaman, misalnya menghadirkan papan sentuh atau permainan seru berhadiah.
Hindari menciptakan booth yang penuh sesak dan terlalu banyak informasi. Berikanlah ruang kosong agar konsumen leluasa saat berada di dalam pameran booth milik anda.