Tips Dekorasi Booth Pameran Agar Pengunjung Tertarik
Ketika mempersiapkan bisnis untuk mengikuti event, dekorasi booth pameran merupakan hal penting yang perlu diperhatikan pemilik bisnis dan kontraktor. Karena selama pameran berlangsung, mata pengunjung menangkap visualnya pertama kali.
Banyaknya pesaing yang mengikuti kegiatan tersebut membuat Anda harus lebih kreatif dan bisa menonjolkan brand agar dilirik. Sehingga desain hingga dekorasinya harus lebih maksimal.
Melakukan persiapan tidak bisa asal-asalan, harus ada patokan dalam proses pembuatannya. Sehingga Anda membutuhkan tips-tips agar hasilnya maksimal.
Pentingnya Dekorasi Booth Pameran yang Unik
Seperti yang telah diketahui, ajang pameran merupakan cara untuk mendapatkan tujuan branding, promosi, hingga meningkatan penjualan. Tempat ini berperan sebagai representasi dari bisnis atau cara branding terampuh saat acara.
Untuk memaksimalkan dalam mendapat tujuan tersebut, maka desain booth menjadi penting. Desainnya harus dibuat atraktif dan menarik pengunjung untuk datang dan melakukan transaksi.
Tips Ampuh Saat Dekorasi Booth Pameran
Ada beberapa tips dalam proses dekorasi yang bisa Anda jadikan patokan, simak penjelasannya di bawah ini:
Sebelum mulai melakukan dekorasi booth pameran, Anda harus mempertimbangkan konsep dan teman terlebih dahulu. Keduanya akan menjadi pemandu selama proses pengerjaan nanti.
Pertimbangkan tema yang sesuai dengan image bisnis, namun tetap memperhatikan tren yang tengah berlangsung. Sehingga selama kegiatan, Anda bisa menerima perhatian sekaligus tetap menunjukkan jati diri bisnis.
Memasukkan layar proyektor atau televisi, maupun poster dan gambar dapat menambah poin dalam dekorasi booth pameran.
Visual sangat mempengaruhi persepsi pengunjung ketika melewati tempat-tempat yang ada di pameran. Untuk menarik perhatian, visual dari elemen-elemen di atas bisa membantu.
Layar monitor dapat menjadi sarana dalam mengenalkan bisnis, produk, maupun informasi lainnya. Jika poster didesain dengan baik dan sesuai tema akan meninggalkan kesan kuat bagi orang yang melihatnya.
Visual juga terlihat melalui meja konter. Maka pertimbangkan proporsi tepat agar tidak terlalu besar dan menutupi dekorasi booth pameran lainnya.
Di setiap tempat pameran usaha Anda, sediakanlah brosur dan poster menarik untuk mengenalkan diri atau promosi bahwa tersedia sampel produk dan ada give away.
Kedua hal tersebut bisa juga Anda sebar kepada pengunjung secara langsung atau menempelkannya pada lokasi strategis. Sehingga booth Anda yang telah didesain dengan bagus akan semakin banyak dikunjungi.
Gabungkanlah warna yang mencerminkan image produk dan kombinasi lain. Pilih warna yang memberi kesan unik dan menarik mata agar dapat menonjol di antara pesaing selama pameran nanti.
Meskipun warna yang dianjurkan menarik mata, jangan buat booth sampai terkesan norak. Hindari penggunaan warna-warna netral karena dapat membuat booth tidak menonjol.
Selain memanfaatkan penerangan di arena acara yang sudah bagus, Anda bisa menambah pencahayaan lagi di lokasi. Anda dapat menambah lampu-lampu spotlight dan lainnya di sekitar booth agar lebih maksimal.
Lampu atau pencahayaan membantu untuk menonjolkan dekorasi booth pameran serta produk-produk yang dipamerkan di dalamnya. Sehingga brand awareness semakin meningkat. Maka berinvestasi pada aspek ini.
Melihat semua tips di atas mungkin membuat Anda bingung atau merasa kesulitan dalam mengeksekusinya. Menggunakan jasa kontraktor dapat membantu Anda mewujudkan semua tips di atas tanpa usaha besar.
Kontraktor pameran yang berpengalaman dapat memahami keinginan dan menyesuaikan booth dengan produk agar tetap menarik. Sehingga Anda cukup mempersiapkan tim dalam melakukan proses promosi dan penjualan.
Setelah mengetahui enam poin di atas, Anda bisa mempersiapkan booth yang menarik. Dekorasi booth pameran tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan.