Media luar ruang menjadi salah satu media promosi yang sering dipilih guna membantu suatu bisnis berkembang. Bentuk promosi ini pernah diperkirakan akan menurun minatnya memasuki era digital. Namun, siapa sangka sampai saat ini masih banyak brand atau perusahaan memilih media luar ruang untuk promosi. Hal ini tidak terlepas dari keunggulan media luar ruang itu sendiri.
Media luar ruangan terbukti mampu membangun suatu brand yang dipromosikan dengan cara yang tidak bisa dilakukan media dalam ruangan atau media iklan digital sekalipun. Bagi Anda yang mantap memilih media luar ruangan untuk keperluan promosi, bersiaplah berikut beberapa keunggulan dan manfaat media luar ruang yang bisa Anda dapatkan:
1. Membantu Membangun Brand
Iklan di luar ruangan yang notabene memiliki ukuran besar tidak akan bisa diabaikan oleh konsumen. Billboard yang dipasang di tepi jalan membuat konsumen akan melihat iklan yang dipasang setiap kali melalui jalur yang sama. Hal ini akan membangun keakraban dan ingatan akan brand yang dipromosikan.
Keunggulan media luar ruang ini terutama berlaku untuk iklan yang secara estetika menyenangkan. Disajikan dengan desain yang eye catching sehingga akan mudah tertanam dalam memori. Lebih-lebih karena ditempatkan di area target audiens tepat.
2. Mudah Diterima Konsumen
Dewasa ini adanya perkembangan teknologi membuat pasar makin dibanjiri periklanan digital. Hal ini ternyata menimbulkan kejenuhan bagi konsumen dengan pemasaran digital.
Dari hasil riset pun diketahui, konsumen memiliki reaksi lebih baik dengan media luar ruangan. Sebagai contoh, saat melihat billboard dari kendaraan konsumen cenderung memperhatikan iklan dan berkenan membacanya, bahkan tidak jarang hingga berulang tiap kali melewati iklan tersebut. Tidak jarang jika desain billboard dinilai kreatif dan menarik konsumen melakukan langkah tidak terduga seperti mengunggah ke media sosial sebagai meme atau postingan yang dinilai menarik. Manfaat media luar ruang ini bisa berkembang ke step dimana terjadi pembelian oleh konsumen.
3. Media Luar Ruangan Fleksibel Bisa Disesuaikan
Keunggulan media luar ruang lainnya yaitu sifat yang fleksibel mudah disesuaikan. Media luar ruang bisa disesuaikan dan diarahkan khususnya di bagian populasi tertentu. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan alat desain, verbiage, dan juga lokasi.
4. Anggaran Pemasaran Lebih Efektif
Pemasangan media luar ruang sekilas terlihat boros karena memakan anggaran yang sangat besar. Sebaliknya, penggunaan media luar ruangan ternyata mampu membuat anggaran pemasaran perusahaan lebih efektif. Biaya yang harus Anda siapkan sebenarnya jauh lebih murah
dibanding pemasaran digital ataupun cetak. Apalagi mempertimbangkan manfaat media luar ruang yang memberi dampak jangka panjang seperti investasi.
Saat Anda memasang media luar ruang, maka Anda membeli lokasi dan waktu. Semakin lama media luar ruang milik Anda terpasang akan semakin lama pula waktu mengamankan keakraban brand Anda dengan konsumen.
Membuat Media Luar Ruang/ Billboard
Setelah mengetahui beberapa keunggulan media luar ruang tentu kini semakin menarik untuk memanfaatkan media luar ruang dalam kegiatan promosi bukan? Apakah Anda ingin membuat media luar ruang/ billboard untuk keperluan iklan promosi? Pastikan Anda menyerahkan tugas ini kepada jasa yang memang sudah berpengalaman dan terbukti profesional. Trimitra siap membantu perusahaan Anda yang akan membuat media luar ruang/ billboard.