Jenis Booth Pameran untuk Bisnis, Jangan Salah Pilih!
Selama mempersiapkan bisnis untuk ikut event, Anda perlu mengetahui jenis booth pameran sebagai referensi dan pertimbangan.
Booth adalah tempat untuk melakukan promosi produk maupun branding perusahaan atau organisasi. Biasanya sering diletakkan pada arena, baik berbentuk pekan raya, exhibition, show, bazar, fair, atau pasar murah.
Karena berperan sebagai representasi bisnis, maka pilihan Anda harus tepat agar pesan tersampaikan dengan benar, karena tidak hanya ada satu jenis saja.
Mengenali Jenis Booth Pameran
Ada beberapa kategori yang perlu diketahui oleh pemilik bisnis maupun kontraktor pemula. Pembagiannya dibuat berdasarkan beberapa aspek tertentu yang dapat dilihat pada bagian bawah:
Jenis Booth Pameran Berdasarkan Bukaan
Terdapat empat macam berdasarkan bukaannya, simak penjelasannya di bawah ini:
Pada tipe ini terdapat satu sisi yang terbuka, yang biasanya berada di bagian depan. Sehingga hanya ada tiga buah sekat atau partisi dipasang. Ketiganya berada di bagian kanan, kiri, serta belakang.
Tipe ini bagian bukaannya berbanding terbalik dengan in-line, karena yang memiliki sekat atau dinding hanya satu bagian. Bagian tersebut biasanya pada sisi belakang. Sedangkan sisi kanan, kiri, dan depannya dibuat terbuka.
Seperti namanya, tipe atau jenis ini terletak berlokasi di bagian sudut dari arena eksibisi. Di mana sisi terbuka adalah dua bagian saja, dan dua tertutup. Bagian terbuka tersebut terletak pada sisi tidak berdempetan dengan dinding.
Jenis ini posisinya berada di bagian tengah arena. Di mana semua bagian atau sisinya terbuka atau tidak ada dinding penutup. Biasanya ukuran tipe ini juga lebih besar dibanding tiga tipe lainnya.
Jenis Booth Pameran Berdasarkan Tampilannya
Berdasarkan penampilan dari stand atau tempat pamerannya, ada tiga jenis untuk diketahui oleh pemilik bisnis:
Pada jenis ini, Anda tidak membutuhkan ruangan atau lokasi khusus saat pameran. Hal ini disebabkan oleh medianya hanya berupa banner atau backdrop saja. Penggunaan booth 2 Dimensi biasanya terdapat pada kegiatan bazar-bazar murah.
Pada tipe 3 Dimensi ini bentuknya lebih lengkap karena minimal memiliki penutup atau alas lantai, sekat, meja konter, serta backdrop. Anda bisa mengeksplorasi lebih banyak ide ketika menggunakan booth 3D, serta produk yang dipamerkan kuantitasnya juga meningkat.
Bentuknya seperti versi 3D, namun lebih lengkap lagi karena dirancang khusus. Di mana pada tipe ini dilengkapi dengan fasilitas berupa panggung yang posisinya lebih tinggi daripada lantai. Fungsinya sebagai arena untuk menyajikan hiburan bagi pengunjung.
Jenis Booth Pameran Berdasarkan Bahan
Ada beberapa pilihan bahan dalam proses pembuatan, di antaranya adalah:
Sering juga disebut dengan bongkar pasang, karena penggunaannya bisa dipakai berkali-kali. Terdiri atas bagian backdrop yang bisa dibongkar pasang, rak, serta meja konter.
Mirip dengan knockdown booth, namun penggunaannya lebih banyak saat event bersifat masal atau besar.
Anda bisa memilih jenis ini jika ingin tampil maksimal, karena melengkapi semua unsur dalam pameran sekaligus promosi dari bisnis. Pembuatannya bisa menyesuaikan konsep acara maupun branding dari usaha Anda.
Jenis Booth Pameran Berdasarkan Desain Konstruksinya
Ada beragam desain konstruksi di dalam pameran yang dapat ditemui, yaitu:
Desain konstruksinya berupa tiang aluminium yang ada di dua sisi. Peran tiangnya adalah sebagai penyangga kain backdrop dari bisnis.
Sering dikenal sebagai portable display, karena Anda bisa memindahkannya dengan mudah. Mirip seperti membran, namun pop-up yang dirancang dengan panel vertikal berfungsi sebagai backdrop.
Material pembuatannya adalah besi atau aluminium. Banyak digunakan dalam lingkup pameran besar.
Terdiri atas podium grafis, lampu, LED, meja konter, dye cut panel, hingga rangka dari logam. Tipe ini banyak diminati.
Setelah memahami penjelasan dia atas, Anda bisa memilih jenis booth pameran yang paling sesuai dengan kebutuhan pada event nanti.