Harga booth pameran 3×3 memang cenderung lebih terjangkau dibandingkan ukuran lainnya yang lebih besar. Namun Anda sebagai penyelenggara maupun peserta pameran juga harus mampu memilih booth dengan harga yang sesuai. Berikut faktor yang mempengaruhi harga booth.
Anda harus menentukan tujuan berpartisipasi dalam pameran agar bisa memilih harga booth yang tepat. Jika Anda ingin memperoleh keuntungan langsung dari penjualan di pameran, maka harus mampu membangun hubungan dengan pelanggan potensial, meningkatkan kesadaran merek, atau tujuan lainnya yang dapat mempengaruhi cara Anda dalam menentukan harga.
Hitunglah biaya yang berhubungan dengan penyelenggaraan pameran atau partisipasi. Hal ini termasuk biaya sewa booth, dekorasi booth, biaya perjalanan dan akomodasi, biaya promosi, bahan pemasaran, dan biaya lainnya. Pastikan Anda menutupi semua biaya ini dan masih menghasilkan keuntungan. Dengan begitu Anda bisa menentukan harga booth yang sesuai sehingga menguntungkan.
Pastikan Anda mengenal target audience dengan baik saat ikut serta dalam pameran. Hal itu nantinya akan membantu dalam menentukan audiens yang bersedia membayar harga yang telah Anda terapkan.
Harga booth pameran 3×3 biasanya juga dipengaruhi oleh lokasi. Booth yang berada di lokasi strategis atau lebih besar biasanya memiliki harga lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda memilih lokasi dan ukuran booth yang sesuai dengan tujuan dan anggaran.
Anda bisa melakukan riset sederhana untuk mengetahui harga booth pameran pada pameran sejenis. Tujuannya adalah untuk memberikan Anda gambaran tentang apa yang diharapkan oleh peserta dan penyelenggara lain. Anda bisa mengambil pandangan ini sebagai acuan dalam menentukan harga.
Apabila penyelenggaraan pameran menawarkan tambahan seperti pemasangan dan perawatan booth, promosi tambahan, atau kesempatan untuk berbicara dalam seminar, maka pertimbangkan biaya tambahan ini dalam harga booth Anda.
Ingatlah bahwa Anda harus memperoleh laba dari pameran yang diselenggarakan. Apalagi jika Anda turut berpartisipasi sebagai peserta. Hindari menetapkan harga booth terlalu rendah sehingga tidak mendapatkan keuntungan dari sana.
Saat Anda berpartisipasi dalam pameran yang diselenggarakan oleh pihak ketiga, jangan lupa untuk diskusikan harga dengan vendor booth pameran. Mungkin nanti ada ruang untuk negosiasi, terutama apabila Anda berencana untuk menyewa lebih dari satu booth atau berpartisipasi dalam beberapa pameran.
Tentukan kebijakan pembayaran yang akan Anda terapkan. Anda ingin meminta pembayaran penuh di awal atau menerima pembayaran dalam beberapa tahap, semua harus dipertimbangkan dengan baik. Hal ini dapat mempengaruhi daya tarik booth Anda bagi peserta.
Itulah penjelasan singkat mengenai faktor yang mempengaruhi harga booth pameran 3×3.