Pentingnya Pameran bagi Pelaku UMKM Penghasilan Meningkat
Pameran bagi pelaku UMKM menjadi suatu usaha agar produk-produk yang telah diproduksi dapat menghasilkan pendapatan. Ada beberapa bentuk pameran UMKM yakni bersifat tematik artinya satu jenis usaha atau bisa juga dilakukan secara campuran.
UMKM menjadi salah satu unit bisnis yang menjadi pusat perhatian pemerintah guna mendorong perekonomian masyarakat Indonesia. Menyumbangkan 99% tenaga kerja dari populasi masyarakat. Hal ini tentunya dapat mengurangi tingkat pengangguran yang tinggi.
Besarnya kontribusi pelaku UMKM kepada PDB Indonesia membuat pemerintah tidak segan memberikan banyak bantuan kepada pelaku usaha. Seperti bantuan dana UMKM saat pandemic covid-19 agar tetap bertahan, kemudahan pinjaman, dan lain sebagainya.
Dalam mengikuti pameran, pelaku UMKM biasanya juga ada yang mendapat fasilitas bantuan dari pemerintah atau lembaga perbankan. Namun, tidak banyak juga yang membiayai pameran dengan budget masing-masing.
Manfaat Pameran bagi Pelaku UMKM
Ada beberapa keuntungan ketika pelaku UMKM dapat mengikuti kegiatan ini. Berikut ini manfaat yang didapatkan dari keikutsertaan UMKM dalam kegiatan pameran.
Pameran identik dengan suasana ramai dan hiruk pikuk orang-orang berbelanja. Ini justru bisa menjadi ajang bagi Anda untuk ikut serta meramaikan suasana pameran. Dalam mengenalkan usaha dapat Anda lakukan demonstrasi singkat kepada pengunjung.
Kegiatan membranding produk UMKM menjadi satu hal penting dilakukan agar dapat dikenal oleh masyarakat. Hal ini akan meningkatkan pendapatan penjualan secara tidak langsung.
Branding tidak hanya tentang produknya saja, namun juga penting untuk melakukan edukasi terhadap profil usaha kepada pengunjung. Loyalitas konsumen terhadap suatu produk berkaitan erat dengan reputasi perusahaan yang baik.
Tujuan dilakukannya pameran juga bisa diindikasikan bahwa penjual sedang melakukan survei pasar. Bisa dilihat dari sebesar apa banyak pengunjung yang mendatangi stand Anda.
Walaupun hanya diambil sampel atau contoh dari beberapa konsumen, hal ini sudah bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi. Memperbaiki dari hasil pameran sehingga produk lebih dikenal lagi oleh masyarakat di pameran berikutnya.
Pameran bagi pelaku UMKM biasanya bukan hanya dihadiri oleh masyarakat seperti biasanya. Namun, terkadang juga didatangi oleh pengunjung yang memang sengaja untuk melihat kualitas serta kreativitas produk-produk di pameran.
Bisa jadi yang datang dari investor yang menyamar, perwakilan dari usaha lain, supplier, distributor dan lain sebagainya. Tidak menutup kemungkinan di dalam pameran juga terjadi kesepakatan kerja sama dalam membangun sebuah bisnis.
Ketika masyarakat ramai berbondong-bondong menghadiri pameran, kecil kemungkinan tidak membeli produk. Walaupun hanya sekedar mencicipi atau mencoba salah satu produk yang dijual oleh pelaku UMKM.
Bukan hanya masyarakat, para pengusaha dan investor juga kadangkala mengikuti pameran. Ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk bisa mempromosikan atau mendemonstrasikan produk kepada khalayak ramai.
Banyaknya produk yang terjual maka banyak juga pendapatan dari penjualan produk Anda. Pameran bagi pelaku UMKM menjadi kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan begitu saja.
Ketika Anda menjumpai sederet pengusaha atau pemerintah, jangan malu untuk menawarkan produk Anda. Dengan dikenalnya produk Anda di mata pemerintah atau pengusaha maka semakin mudah untuk mendapatkan bantuan.
Bantuan bukan hanya berupa uang, melainkan fasilitas untuk membuat usaha lebih berkembang lagi. Memperbesar skala usaha yang mulanya berkembang dari kecil bisa berkembang pesat ke dalam skala besar.
UMKM merupakan salah satu sektor perekonomian Indonesia yang menjadi jantungnya perekonomian. Dengan adanya pameran bagi pelaku UMKM bisa menjadi salah satu usaha atau strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perekonomian.